PENDAMPINGAN PERTAMA SIPD DAN RKPD KOTA PEKALONGAN

Dalam rangka optimalisasi pembangunan bidang pendidikan perlu dipastikan bahwa indikator kinerja urusan bidang pendidikan dan sub-indikatornya terisi dengan merujuk pada Indeks Standar Pelayanan Minimal (SPM) bidang pendidikan. Indikator tersebut dapat digunakan sebagai acuan dalam perencanaan di daerah dan digunakan dalam pembahasan rapat koordinasi teknis perencanaan pembangunan (Rakortekrenbang) tahun 2024.

Untuk maksud dan tujuan itu, kegiatan pendampingan pengisian e-Rakortek SIPD dan RKAD oleh BBPMP Provinsi Jateng telah dilaksanakan pada hari Jumat, 31 Maret 2023 bertempat di ruang Tiga Negeri Sekretariat Daerah Kota Pekalongan. Pertemuan dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan, Sekretaris Dinas Pendidikan, Kasubag Renval Dinas Pendidikan, Bagian Penyusunan Program BAPPEDA, Fungsional Perencana pada BAPPEDA dan Bagian Anggaran BPKAD Kota Pekalongan.

Pada kesempatan tersebut BBPMP menyampaikan data hasil inputan indikator pada aplikasi eRakortek SIPD yang telah dilakukan oleh Dinas Pendidikanmenunjukkan seluruh jumlah indikator telah terisi beserta dukungan anggarannya.

Kegiatan pendampingan ini diisi dengan pemaparan materi dari BBPMP dan kemudian dilanjutkan dengan diskusi. Seluruh peserta diskusi sepakat untuk meningkatkan komunikasi, koordinasi, harmonisasi, dan sinkronisasi antara DINDIK, BAPPEDA dan BPKAD dalam perencanaan dan penganggaran untukpencapaian indikator SPM Pendidikan sebagaimana yg diamanatkan oleh Kemendikbudristek.