PRAKTIK BAIK PROGRAM MERDEKA BELAJAR KOTA PEKALONGAN TERPILIH MEWAKILI JAWA TENGAH

 

Dalam rangka meningkatkan dukungan publik terhadap kebijakan Kemendikbudristek sekaligus  memperkuat ekosistem pendidikan dan kebudayaan yang berkelanjutan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi melalui Surat Nomor : 8830/A.A6/HM.02.02/2023 tanggal 14 Maret 2023 meminta kepada Perguruan Tinggi Negeri, Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi, dan Unit Layanan Teknis untuk memberikan data/konten publikasi tentang capaian dan praktik baik program/kebijakan Merdeka Belajar dalam bentuk: artikel, feature, foto dan video (disertai keterangan) serta testimoni penerima manfaat di wilayah kerja masing-masing.

Menindaklanjuti permintaan data/konten tersebut, BBPMP Jateng menunjuk Kota Pekalongan untuk mengirimkan data/konten praktik baik tersebut. Guna mendukung dan memperkuat data praktik baik kebijakan Merdeka Belajar di Kota Pekalongan, Tim BBPMP Jateng sebanyak 6 orang, terdiri dari konsultan, koordinator kelompok kerja, dan tim IT berkunjung ke Dinas Pendidikan Kota Pekalongan, Senin 20 Maret 2023.

Selama di Dinas Pendidikan Kota Pekalongan Tim BBPMP Jateng melakukan koordinasi, menghimpun data praktik baik, serta membuat video penjelasan/testimoni dari para pejabat Dinas Pendidikan. Praktik baik yang diminta oleh BBPMP Jateng antara lain semua produk hukum, kebijakan, serta kegiatan inovasi seperti Dolan PAUD, Roadshow Bunda Literasi, Layanan Konseling Pendidikan, Agen PMM, Tim Percepatan IKM Mandiri, dan lain-lain.