DINAS PENDIDIKAN KOTA PEKALONGAN BERKESEMPATAN MENGIKUTI INDONESIA EDUCATION SUMMIT 2024

Indonesia Education Summit (IES) Tahun 2024 oleh Google For Education merupakan lanjutan dari Education Leader Series yang dilaksanakan di berbagai negara Asia Pasifik pada tahun 2023. IES mempertemukan para pembuat kebijakan pendidikan untuk berbagi wawasan mengenai transformasi pendidikan khususnya bagaimana teknologi dapat menciptakan pendidikan yang lebih inklusif.

Dinas Pendidikan Kota Pekalongan yang diwakili oleh Kepala dan Sekretaris Dinas Pendidikan berkesempatan mengikuti rangkaian kegiatan IES. Acara diawali dengan mengunjungi sekolah Google Reference, yaitu Sekolah Gema Nurani Kota Bekasi. Dalam kunjungan tersebut, peserta disuguhi beragam produk siswa yang memanfaatkan fitur google dan chromebook. Peserta juga dapat melihat secara langsung pembelajaran di kelas dengan alat bantu teknologi informasi.

Selesai berkunjung ke Sekolah Gema Nurani, kegiatan IES berlanjut ke kantor Google Indonesia di Pacific Century Place, SCBD Jakarta. Pada sesi berbagi praktik baik dan diskusi, peserta mendengarkan pemaparan dari beberapa nara sumber antara lain perwakilan Kementerian Pendidikan Pakistan, pakar pendidikan dari Singapura, perwakilan Kemendikbud Ristek RI, Dinas Pendidikan, Kepala Sekolah, dan Guru terpilih.

Para narasumber memaparkan praktik baik mulai dari implementasi kebijakan pemerintah daerah tentang digitalisasi sekolah, pemanfaatan chrombook, akun belajar, dan strategi Guru dalam memanfaatkan teknologi informasi dalam pembelajaran. Berbagai praktik baik tersebut bermanfaat bagi peserta IES untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan pembelajaran di lingkungan masing-masing.