DINAS PENDIDIKAN KOTA PEKALONGAN GELAR BIMTEK ARKAS

Memperhatikan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 24 Tahun 2020 tentang Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah pada Pemerintah Daerah, maka perlu mewujudkan pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang efektif, efisien, transparan dan akuntabel oleh Satuan Pendidikan pada Pemerintah Daerah, yang dilakukan melalui pengintegrasian sistem informasi pengelolaan dana BOS antara Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dengan Kementerian Dalam Negeri. 
Sehubungan dengan hal tersebut maka Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dengan Kementerian Dalam Negeri mengeluarkan Surat Edaran Bersama Pengintegrasian Sistem Informasi Pengelolaan Dana Bantuan Opersional Sekolah No 907/6479/SJ dan No 7 Tahun 2021 dengan isi pokok:
  1. Pengelolaan dana BOS pada Satuan Pendidikan merupakan satu kesatuan dengan sistem pengelolaan keuangan daerah. 
  2. Pemda mendorong Satuan Pendidikan untuk menerapkan penganggaran, penatausahaan, dan pelaporan penggunaan dana BOS tahun 2021 melalui Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (ARKAS) yang terintegrasi dengan SIPD. 
  3. Pengelolaan Dana BOS hanya diperkenankan dengan menggunakan sistem: 
    1. Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (ARKAS) untuk Satuan Pendidikan; dan 
    2. Manajemen Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (MARKAS) untuk Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang menyelenggarakan urusan pendidikan. 
  4. Kepala Daerah melalui OPD yang menangani urusan Pendidikan melakukan pendampingan, pengawasan, dan pembinaan kepada Satdik dalam pengelolaan dana BOS melalui ARKAS. 
Menindaklanjuti hal itu semua, Dinas Pendidikan Kota Pekalongan pada Selasa, 22 Maret 2022 selenggarakan bimbingan teknis penggunaan Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (ARKAS) bertempat di Hotel Nirwana Pekalongan. Kegiatan Bimtek ARKAS diikuti oleh 131 operator BOS SD-SMP serta 9 orang dari Tim BOS Dinas Pendidikan.
Kegiatan Bimbingan Teknis ARKAS dilaksanakan dengan tujuan agar peserta mampu memahami hal – hal sebagai berikut: (1) Kebijakan Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekalongan terkait dengan pengelolaan BOS yang efektif, efisien, transparan dan akuntabel, (2) Penggunaan ARKAS oleh satuan pendidikan, dan (3) Menyusun rencana tindak lanjut penggunaan ARKAS dalam pengelolaan BOS.
Kegiatan yang menghadirkan narasumber dari Tim Pengembang RKAS Sesditjen Kemdikbudristek ini dapat terlaksana dengan baik berkat kerja sama antara Dinas Pendidikan dengan Bank Jateng Cabang Pekalongan.