UPAYA BERSAMA PENCEGAHAN PENCULIKAN ANAK DI KOTA PEKALONGAN

Pasca diterbitkannya surat edaran Kepala Dinas Pendidikan perihal himbauan kepada satuan pendidikan untuk melakukan upaya peningkatan kewaspadaan tethadap berita tentang penculikan anak, Dinas Pendidikan bersama dengan unsur Dinas Perhubungan, Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Komunikasi dan Informatika, Kementerian Agama, serta para Camat menyelenggarakan rapat koordinasi, Kamis 2 Februari 2023. Rapat dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Bapak Zainul Hakim, SH., M.Hum.
Rapat koordinasi bertujuan untuk merumuskan upaya-upaya maksimal dengan melibatkan seluruh unsur terkait dalam rangka pencegahan maraknya penculikan anak usia sekolah. Seluruh peserta rapat berkomitmen untuk mewujudkan Kota Pekalongan aman dari kejahatan penculikan melalui kegiatan pengawasan, penjagaan, dan perlindungan oleh masing-masing unsur sesuai dengan kewenangannya. Komitmen membangun relasi sosial antara satuan pendidikan dan masyarakat sekitar juga tidak luput dari perhatian. Dalam hal ini, peran satuan pendidikan bersama pemangku kepentingan di masing-masing wilayah menjadi sangat penting. Sebagai upaya meningkatkan keamanan, Dinas Perhubungan Kota Pekalongan akan berkolaborasi dengan Satuan Polisi Pamong Praja akan menyelenggarakan patroli gabungan dengan TNI-POLRI
Untuk meminimalisir terjadinya kasus penculikan terhadap anak, Kepala Dinas Pendidikan berharap semua masyarakat ikut andil dalam hal pengawasan dan perlindungan. Apabila masyarakat melihat atau mengalami kasus penculikan ataupun kasus lainnnya untuk segera melapor di layanan 24 jam yang sudah disediakan oleh Kominfo yaitu call center 112.