BALAI BAHASA PROVINSI JAWA TENGAH SIAP BANTU PENINGKATAN KOMPETENSI LITERASI

Dalam rangka memperoleh informasi terkait dengan Uji Kemahiran Bahasa Indonesia (UKBI) dan Festival Giat UKBI, Dinas Pendidikan Kota Pekalongan berkunjung ke Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Kamis tanggal 30 Juni 2022. Rombongan dari Dinas Pendidikan diikuti oleh Sekretaris Dinas selaku pimpinan rombongan, Kepala Bidang PTK, Kasi, Widyaprada, Pengawas Sekolah, Kepala Sekolah Penggerak jenjang SMP, serta perwakilan Guru Bahasa Indonesia dan Bahasa Jawa dari MGMP. Rombongan diterima langsung oleh Kepala Balai Bahasa Dr. Ganjar Harimansyah di aula kantor setempat.
 
Pada sambutan awal penerimaan kunjungan, Dr. Ganjar Harimansyah mengatakan apresiasinya kepada Dinas Pendidikan Kota Pekalongan yang telah menunjukkan keseriusannya dalam peningkatan kompetensi literasi, melalui kegiatan UKBI. Lebih lanjut beliau memaparkan profil Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, program, dan produk-produknya. Para Guru dan siswa dipersilahkan memanfaatkan produk-produk dari Balai Bahasa dan mengambil peluang kerjasama dari program yang ada.
 
Pada sambutan pengantar kunjungan, Sekretaris Dinas menyampaikan maksud dan tujuan kunjungan kerja ke Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah. Berdasarkan rapat koordinasi antara Dinas Pendidikan dengan Kepala Sekolah Penggerak jenjang SMP, Ketua MGMP Bahasa Indonesia dan Bahasa Jawa, telah disepakati bahwa SMP pelaksana PSP angkatan 1 dan 2 berkomitmen menyelenggarakan UKBI bagi Guru dan siswa, serta akan berpartisipasi dengan sungguh-sungguh dalam kegiatan Apresiasi Giat UKBI.

Setelah selesai kegiatan seremonial penerimaan, kegiatan kunjungan kerja diisi dengan audiensi membahas UKBI, Apresiasi Giat UKBI, Festival Tunas Bahasa Ibu, serta konsep Rencana Kerja Sama antara Dinas Pendidikan dengan Balai Bahasa Jawa Tengah.