SD NEGERI KANDANG PANJANG 02 JUARA NASIONAL KIHAJAR STEM 2022 KATEGORI THE MOST CREATIVE

Kihajar STEM merupakan wadah eksplorasi untuk peserta didik pada satuan pendidikan SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, & SMK/MAK, untuk berfikir kritis, kreatif, dan mampu berkolaborasi dan berkomunikasi dalam mengembangkan project berbasis STEM (Sciences, Technology, Engineering, and Mathematics) melalui pendayagunaan teknologi informasi dan komunikasi. Tim KIHAJAR STEM SD Negeri Kandang Panjang 02 Kota Pekalongan diwakili oleh Aghisna Aulia, Rizki Anugerah Ramadhan, Taufik Akbar dan guru pendamping.
Rangkaian pelaksanaan KIHAJAR STEM tahun 2022 mencapai puncaknya pada malam anuerah KIHAJAR setelah melewati beberapa tahapan kompetisi mulai dari babak basic sampai final. SD Negeri Kandang Panjang 02 Kota Pekalongan terpilih sebagai salah satu finalis KIHAJAR STEM mewakili Provinsi Jawa Tengah. Dalam pelaksanaan KIHAJAR STEM 2022, finalis KIHAJAR wajib membuat karya video produk berbasis STEM bedasarkan masalah yang mereka temui sehari-hari di lingkungan mereka.
Pada tahap final, tim KIHAJAR STEM SD Negeri Kandang Panjang 02 Kota Pekalongan membuat suatu produk yang bernama automatic water pump with smart notification system. Produk tersebut memungkinkan seseorang melakukan otomatisasi pada pompa air di rumah. Kerja alat ini adalah mematikan dan menyalakan pompa air secara otomatis ketika ketinggian air pada tandon mencapai level tertentu yang sudah di tentukan. Tidak hanya itu, produk yang telah dibuat bisa mengirimkan notifikasi di smartphone melalui email pengguna.
SD Negeri Kandang Panjang 02 Kota Pekalongan diberi kesempatan untuk hadir pada malam anugerah KIHAJAR tahun 2022 di gedung D KEMDIKBUDRISTEK, Jakarta Selatan dimana hanya ada delapan sekolah yang diundang dari seluruh Indonesia dan hanya ada dua sekolah jenjang SD pada acara malam anugerah KIHAJAR tahun 2022. Pada kesempatan ini tim KIHAJAR STEM SD Negeri Kandang Panjang 02 Kota Pekalongan berhasil mendapatkan juara pada ketegori the most creative jenjang SD tahun 2022. Pencapaian ini merupakan yang tertinggi di tingkat nasional mengalahkan perwakilan tim KIHAJAR dari seluruh provinsi yang ada di Indonesia.